Beranda »

Mungkin Saya Belum Mengerti

putihtua arsip :

putihtua status :

  • 11,282 hit

Masukkan email untuk mengetahui update melalui email.

“Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat.”

Itu adalah pengertian dari mimpi menurut ensiklopesia bebas. Dulu saya pernah mimpi bertemu bapak. Ya, beberapa hari setelah meninggalnya. Tidak ada perkataan diantara kita. Beliau ada didalam sebuah taman, dan pagar taman itu yang menjadi batas antar kami berdua. Tanpa pembicaraan apa apa, hanya senyuman yang saling kami lemparkan, telah memberikan kejelasan yang sangat jernih akan apa yang dipikirkan. Dan saya tahu saya tidak bisa memeluknya saat ia tunjukan langit diatas taman itu.

Dalam tiga minggu terakhir ini, dua kali saya kembali bermimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal. Dua kali bermimpi, dua orang berbeda. Mungkin bisa dibilang saya hanya kenal dengan beliau, maksudnya bukan saudara atau sanak famili. Tapi bagi saya mereka adalah saudara.

Dalam dua kali mimpi itu, saya tahu atau sadar kalau mereka sudah  meninggal. Tapi entah kenapa, saya bebicara dengan mereka seperti layaknya perbincangan yang biasa manusia lakukan.
Saya datang kerumah mereka, saya menyapa, saya masuk dan menemui mereka. Dan perbincangan pun dimulai.

Saya coba ingat ingat. Saya tidak memikirkan mereka sebelum saya tidur atau tidak ada pembicaraan tentang mereka di hari itu atau sebelumnya. Kalau dibilang mimpi itu melibatkan  penglihatan, pendengaran,  pikiran, perasaan atau indra manusia lainnya maka bisa dibilang saya tidak mengerti akan mimpi itu.

Mimpi yang mungkin hanya bunga tidur, atau mungkin saya hanya belum mengerti. (EGS)

Tinggalkan Balasan

