Beranda » Hobi » Tamiya, bukan sekedar Mainan

Tamiya, bukan sekedar Mainan

putihtua arsip :

putihtua status :

  • 11,276 hit

Masukkan email untuk mengetahui update melalui email.

Anda masih ingat dengan pemainan mobil yang harus dirakit terlebih dahulu dan dengan sepasang baterai anda bisa berlomba di jalur khusus untuk balap itu ?

Ya benar, Tamiya. Ternyata mainan ini sudah tidak lagi hanya sekedar permainan, malahan sudah menjadi hobi. Karena ada beberapa jenis mainan rakit ini yang harganya samapai jutaan dikarenakan barang sudah tidak diproduksi lagi oleh produsennya. Selain itu juga, para penggemar mainan ini suka sekedar membeli tapi tidak merakitnya, hanya untuk koleksi.

Beberapa lokasi toko penjual khusus mainan ini juga cukup rutin mengadakan lomba balap. Dengan biaya pendaftaran lomba dari puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah, sampai hadiahnya yang jutaan itu sepertinya mainan ini bukan lagi sebuah permainan anak anak saja.

Seperti toko Jordan Toys dengan lomba HDN (Hyper-Dash Nite) nya. Dimana lomba itu mengikuti peraturan lomba Tamiya di Jepang. Perbedaannya adalah saat HDN hanya diperbolehkan menggunakan motor (dinamo) jenis Hyper-Dash yang juga produk Tamiya.

RS Tamiya dengan Crooz Cup nya. Lomba berseri tiap tahun yang diadakan tiap bulan sekali. Dimana pada tiap serinya berhadiah sampai jutaan rupiah. Peraturannya cukup sederhana. Dengan mengikuti peraturan lomba Tamiya di Jepang dan peraturan yang harusnya adalah semua part yang digunakan adalah asli produk Tamiya, agar kesempatan memenangkan lomba dapat dimiliki semua peserta.

Jadi, kelihaian peserta dalam mengikuti lomba adalah kunci kemenangannya. Maksudnya, bagaimana cara peserta merakit dan men set-up mobilnya agar sesuai dengan track atau jalur lomba yang dibuat akan sangat menentukan keberhasilan peserta memenangkan lomba. Mungkin dari poin inilah mengapa banyak penggila Tamiya sekarang sudah berubah ke kalangan orang dewasa.

Walaupun mainan ini bisa dibilang mainan tidak murah, namun bagi saya sejauh saya mengikuti beberapa lomba, ternyata mainan ini memberikan arti lebih daripada sekedar menghabiskan waktu dengan bermain saja. Disana ada nilai nilai kebersamaan (saling bantu sesama pembalap, mungkin dengan meminjam alat), saling menghormati (terlihat dari cara mengantri menunggu giliran balap), kejujuran (saling mengingatkan kalau ada barang barang yang tertinggal atau terlepas).

Dan yang paling melegakan adalah saat semua peserta mengatakan bahwa mungkin kami semua berbeda beda, tapi kami adalah satu dalam Tamiya.

Selamat bermain kawan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: